Sabtu, 05 Maret 2011

Cara Merubah Setting Permalink WordPress agar SEO Friendly dan Bebas Masalah

Edisi Tips dan Trik WordPress pada serial Tutorial WordPress kali ini akan membahas tentang bagaimana cara merubah setting/struktur permalink blog wordpress agar lebih SEO friendly dan bebas dari masalah. Pada blog wordpress, setting permalink default adalah /?p=123, sehingga url yg ditampilkan adalah  http://www.namablog.com/?p=123. tentu hal ini kurang SEO friendly karena judul posting tidak ditampilkan pada url. Seperti belajar on-page SEO,  kita tahu bahwa tampilnya judul posting pada permalink akan sangat membantu hasil SERPs ( Search engine Result Pages). Sebaiknya struktur permalink diganti menjadi /%category%/%postname% atau bahkan hanya /%postname% saja. sehingga pada url posting blog akan tampil http://www.namablog.com/kategori/judulposting atau http://www.namablog.com/judulposting saja
Pada Blog WordPress baru tentu saja hal ini tidak masalah. perubahan bisa dilakukan secara mudah dan tidak beresiko. Tapi bagaimana dengan blog yg sudah berisi banyak konten? hal ini menyisakan masalah karena blog tersebut akan kehilangan backlink yang sudah dibangun dengan susah payah akibat perubahan struktur permalink tersebut. Nah pada tutorial wordpress kali ini saya akan memberikan tips dan trik wordpress sederhana untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan trik redirect file .htaccess, yuk kita mulaii..

Pertama yg harus anda lakukan adalah login ke wordpress admin panel. Pada dashboard wordpress anda, klik SettingsPermalinks. Kemudian pilih custom lalu isi dengan /%category%/%postname% atau /%postname% saja, seperti gambar dibawah ini (klik untuk memperbesar):
struktur permalink wordpress, setting permalink wordpress, tutorial wordpress, belajar wordpress, tips trik wordpress
setelah itu, struktur permalink anda akan tampak seperti ini
http://www.namablog.com/judulposting
Sekarang kita harus me-redirect seluruh backlink yang menggunakan struktur permalink lama ke struktur permalink baru. Untuk melakukan ini anda harus meng-edit file .htaccess yang berlokasi di root directory pada hosting wordpress anda, Berhati-hatilah jika akan meng-edit file .htaccess ini, pastikan anda backup file ini terlebih dahulu.
Download dan buka file .htaccess dengan file editor semacam notepad atau wordpad,  kemudian tambahkan baris dibawah ini :
RedirectMatch 301 /([0-9]+)/([0-9]+)/([0-9]+)/(.*)$ http://www.domain.com/$4
Kemudian simpan perubahan tersebut dan upload lagi pada root directory wordpress anda. Selesai, anda baru saja merubah setting struktur permalink wordpress anda tanpa harus kehilangan backlink

Tidak ada komentar: